-->

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Server

Pada sebuah perusahaan tentu ada seseorang yang menduduki posisi sebagai admin server, entah dalam memegang bagian server web, DNS, FTP, samba, DHCP, NTP, mail server, atau internet gateway. Apa itu admin server, dan apa tugasnya? admin server merupakan orang yang mengatur semua aktivitas server, mulai dari awal dibangun, perawatan hingga perbaikan. Menjadi seorang admin server bukanlah perkara yang mudah, orang-orang seperti ini mendapatkan tugas dan tanggung jawab yang besar oleh atasan mereka di perusahaan tersebut.

Admin Server


Biasanya mereka bekerja secara tim, bukan individu. Tentu tidak mungkin melakukan hal sebesar itu hanya dilakukan oleh satu orang saja. Pasti mereka mengerjakannya secara tim. Seorang admin server diharuskan untuk merawat dan menjaga kinerja server agar tetap berjalan dengan baik dan maksimal. Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab admin server yang harus kalian  ketahui:

1.  Mengoperasikan Server

Setiap saat seorang administrator server pasti sering melakukan hal ini, yaitu mengoperasikan server. Mengapa hal tersebut harus dilakukan? jawabannya guna mengecek log aktivitas yang terjadi setiap client yang terhubung. Jika ada aktivitas yang mencurigakan tentu saja bakal ketahuan. Tak hanya itu saja, apabila ada yang mempunyai niat jahat dengan masuk secara diam-diam ke dalam jaringan tanpa identitas, maka seorang admin server harus bertindak untuk menangani masalah ini dengan cepat.

2. Troubleshooting Jaringan

Troubleshooting merupakan penyelesaian maslaah terhadap suatu kendala atau hal lainnya yang riskan sehingga membayangkan jaringan yang ada. Seseorang admin server jika mendapati hal seperti itu sudah seharusnya langsung tanggap dan cepat melakukan troubleshooting saat itu juga supaya kerusakan yang jauh lebih besar bisa diminimalisir.

3. Update Software

Semakin tua usia software biasanya akan selalu memberikan update, dimana pembaharuan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya agar bisa dijalankan dengan lebih baik sehingga lebih memuaskan pengguna. Selain itu update software juga perlu dilakukan untuk memperbaiki bug yang mungkin saja masih ada pada versi yang lama serta memperbaiki sistem keamanannya.

Baca: Bermain Game Android di PC.

Selain ketiganya, administrator server juga ditugaskan untuk melakukan backup data, integrasi teknologi, manajemen pengguna, memastikan keamanan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagaimana, sudah tahu sekarang? semoga sedikit informasi mengenai hal ini bisa bermanfaat ya bagi kalian yang bertanya-tanya tentang tugas seorang admin server.