-->

Review Dedicated Server dari Wholesale Internet

Wholesale Internet adalah provider internet yang melayani penyewaan dedicated server, berbasis di Kansas City. Provider ini menjanjikan power yang selalu terhubung setiap hari dan network cepat yang terkoneksi dengan internet service provider lain, serta keamanan yang terjamin. Seperti yang tertera di halaman fasilitas mereka. Mereka memulai bisnis pada tahun 1999. Fokus utama provider ini melayani dedicated server dengan harga murah yang cukup bertenaga untuk menangani situs kelas enterprise kalian.

Dedicated Server


WholeSale Internet hanya menawarkan paket dedicated server, kalian tidak akan mendapatkan opsi VPS, reseller hosting, atau shared hosting di sini. Walaupun demikian, mereka menawarkan 2 jenis unmanaged dedicated server; instant dedicated server dan custom dedicated server. Instant dedicated server siap digunakan setelah kalian membelinya, hanya membutuhkan beberapa menit saja. Sementara itu, custom dedicated server lebih bisa dikustomisasi, kalian dapat mengoptimalkan paketnya, bisa menambah atau mengurangi ukuran perangkat kerasnya. Tapi, prosesnya manual dikerjakan oleh staff mereka, paling tidak dalam waktu sehari.

Instant Dedicated Server Wholesale Internet

Provider ini datang dengan berbagai pilihan server, mulai dari yang murah hingga yang mahal ada. Semua server tertera dalam tabel, sehingga kalian mudah untuk membandingkannya. Kalian bisa memilih jenis prosesor, ukuran RAM atau HDD, dan banyak lagi. Daftar server tampaknya berubah sesuai dengan ketersediaannya.

Support mereka mendapat banyak pujian dari pelanggan, wajar saja karena apa saja masalah kalian pasti akan dibantu dan dibalas dalam hitungan menit saja. Bahkan, kalian bisa request penggantian HDD atau pengecekan daya apakah baik-baik saja atau tidak. Sayangnya, support hanya melayani masalah pada perangkat keras, bukan perangkat lunak. Masalah perangkat lunak bisa kalian tanyakan ke forum atau pengembang terkait.

Pengalaman Pakai Wholesale Internet


Berawal dari keinginan hati mencari dedicated server dengan harga murah, saya menemukan situs ini. Setelah saya cek berbagai review di Google, saya jadi ragu. Ya, banyak review jelek yang mengatakan suka down lama, support jelek, jaringan lelet, dan lain sebagainya. Kebanyakan memang review lama, jadi saya beranikan saja untuk order sebuah custom dedicated server seharga $55 dengan spesifikasi seperti di bawah.

Spek Server $55

Selama 5 bulan terakhir, situs saya berjalan normal tanpa kendala. Untuk ping dari Indonesia sendiri cukup bagus, seperti di screenshot.

Ping Wholesale Internet

Mantap, lumayan cepat dari Indonesia sendiri. Apalagi dipadukan dengan Cloudflare, lancar banget.
Untuk uptime bisa dikatakan bagus, saya belum pernah mengalami down. Mungkin pernah down, tapi bukan waktu lama.
Untuk network dan ketangguhan juga bisa dikatakan cepat, kebetulan saya menggunakan server ini untuk banyak situs, salah satunya auto convert video YouTube ke MP3 (FFmpeg) dan grabbing file videonya. Maka sudah pasti network jalan terus, dari statistik bisa saya lihat hingga 180 MB/s. Penggunakan CPU dari FFmpeg sendiri bisa 95%, tapi masih cukup tangguh untuk spesifikasi server yang saya sewa untuk menerima banyak request.

CPU

HDD

RAM