-->

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di PC dan Laptop

Saat membuka sebuah aplikasi di komputer, terkadang kamu mengalami not responding. Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan. Tentu saja ada sesuatu yang menyebabkan mengapa hal ini bisa terjadi. Masalah ini biasanya terdapat pada hardware ataupun software.

Aplikasi Not Responding
Penyebab pertama bisa jadi karena aplikasi yang dijalankan terlalu berat, tampilan desktop komputer yang terlalu kompleks, banyaknya multitasking, virus/malware, dan RAM yang rusak atau habis. Cara mengatasi program not responding ini tentunya harus dilihat dulu apa penyebabnya. Beda penyebab, beda cara penanganannya.


Di kasus ini kita harus mengetahui penyebab aplikasi kita yang tidak merespon, adapun beberapa cara mengatasi aplikasi di komputer dan laptop yang not responding sebagai berikut:

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak penting

Jika penyebabnya karena aplikasi yang terlalu banyak sehingga memakan ruang penyimpanan pada laptop atau komputer kalian, maka hal yang harus dilakukan adalah menghapus beberapa aplikasi. Dari sekian banyak aplikasi pasti ada beberapa yang jarang digunakan. Kalian bisa menghapusnya agar masalah not responding tidak terjadi lagi. Siasati dengan memakai satu aplikasi saja untuk tiap satu fungsi, contohnya browser, media player, antivirus, office, dan tools yang sama fungsinya untuk install satu saja yang dianggap paling nyaman.

2. Ubah Tampilan Desktop Menjadi Sederhana

Sebaiknya kamu tidak menggunakan tampilan desktop yang terlalu kompleks, misalnya terlalu banyak widget, shortcut, aplikasi kalender yang terlalu berat. Hal-hal tersebut akan menyedot resource CPU maupun RAM sehingga bisa timbul masalah program not responding. Bersihkan widget-widget yang tidak terlalu penting tersebut dan gunakan Task Manager bila kalian menggunakan Windows atau Applets jika pengguna Linux.

3. Melakukan Pembersihan Virus atau Malware

Virus dan malware memang menjadi sesuatu yang membahayakan apabila sampai menjangkiti laptop atau komputer kalian. Jika hal itu terjadi, beragam masalah bisa terjadi, salah satunya adalah program not responding. Langkah yang harus kamu ambil adalah dengan membersihkan virus dan malware tersebut menggunakan aplikasi antivirus. Kalian bisa menggunakan yang gratis ataupun yang berbayar. Aplikasi antivirus yang terkenal ampuh adalah McAfee dan Kaspersky, versi berbayar lebih baik.

4. Mengganti RAM yang Rusak atau Menambah Slot RAM

Terkadang, hal yang menyebabkan masalah yang satu ini disebabkan karena adanya blok memori RAM yang sudah rusak. Adapun solusi atas permasalahan ini yaitu dengan mengganti RAM yang terpasang pada komputer atau laptopmu. Untuk memastikan adanya kerusakan, diperlukan tes memori RAM terlebih dahulu. Niscaya jika masalah RAM sudah bisa terselesaikan, maka masalah not responding tidak akan terjadi lagi. Bisa juga karena RAM yang kurang, bisa dibenahi dengan menambah slot RAM. Komputer dan laptop biasanya punya 2 slot RAM. Jika belum ada dana untuk penambahan atau pergantian, siasati dengan cara-cara nomor 1-3 di atas.

Itulah beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi program error not responding pada laptop ataupun komputer, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.