-->

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, dan 10 dalam Jaringan Lokal

Printer merupakan piranti atau perangkat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik itu berupa teks ataupun gambar dalam bagian atas kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian yakni picker yang berfungsi sebagai alat mengambil kertas dan juga tinta sebagai alat pencetak yang sesungguhnya. Alat ini biasanya sangat dibutuhkan oleh orang kantoran untuk mencetak sebuah dokumen.

Cara Sharing Printer

Postingan kali ini saya tidak akan menjelaskan tentang bagaimana cara mencetak sebuah dokumen, melainkan akan menjelaskan mengenai cara sharing printer untuk sistem operasi Windows 7, 8, dan juga 10. Tutorial ini biasanya sering dilakukan oleh para pekerja di kantor. Dengan melakukan sharing printer, waktu pekerjaan bisa lebih dihemat dan kalian tidak perlu lagi untuk mengeluarkan uang lagi untuk membeli printer yang baru untuk setiap komputer.

Baca: Cara Install Driver Windows Manual.

Cara Sharing Printer Windows 7, 8,  dan 10


  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu dengan mengaktifkan fitur file and printer sharing di Windows. Adapun cara melakukan pengaktifan ini yakni dengan membuka Control Panel lalu pilih opsi Network and Internet.
  2. Setelah muncul menu Network and Internet, di bagian atas silakan pilih opsi Network and Sharing Center.
  3. Langkah berikutnya, di sisi sebelah kiri, klik Change advanced sharing settings.
  4. Aktifkan pilihan Turn on file and printer and printer sharing. Jika fitur yang satu ini diaktifkan maka semua orang yang telah terhubung dalam 1 jaringan bisa mengakses file dan printer yang kita sharing.
  5. Demi keamanan, kalian bisa memberikan password dengan tujuan siapapun yang ingin mengakses komputer kalian harus memasukkan password terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan mengaktifkan tombol All Network. Sementara itu, jika tidak ingin menggunakan password lagi, silakan pilih Turn off password protected sharing
  6. Kembali lagi ke Control Panel, kemudian pilih Hardware and Sound selanjutnya pilih View Device and Printers. Kalian bisa memilih printer mana saja yang ingin kalian sharing. Klik kanan pada nama printer yang ingin di-sharing, lakukan klik See what's printing.
  7. Proses selanjutnya silakan pilih menu Printer kemudian klik sharing. Klik tombol Change Sharing Options di jendela properties guna mengaktifkan fitur sharing. Langkah terakhir, centang pada bagian Share this printer lalu masukkan nama printer yang akan kalian sharing. 
Proses sudah selesai. Kini printer sudah di-sharing ke semua komputer yang berada dalam satu jaringan yang sama. Bagaimana, apakah kalian bisa mengikutinya? tentu bisa bukan? apabila masih bingung jangan ragu untuk menyampaikan pertanyaan melalui kolom komentar ya.