-->

Cara Install Driver Windows 7, 8, dan 10 Langsung via Device Manager

Tahukah kalian tentang driver? jangan salah, driver dimaksud di sini bukanlah sopir kendaraan ya,  melainkan sebuah software yang bisa menghubungkan antara hardware dengan komputer. Driver sangat dibutuhkan baik itu pada komputer atau laptop lama maupun baru. Selain itu, driver juga berperan sebagai penerjemah antara sistem operasi dan juga hardware yang digunakan pada sebuah komputer atau laptop.

Simulasi Fungsi Driver PC/Laptop

Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara install driver di komputer ataupun laptop secara manual melalui Device Manager. Sebenarnya, proses instalasi bisa dilakukan dengan 3 cara, yakni manual, menggunakan CD driver, atau memakai sebuah software seperti DRP atau WanDRV yang caranya cukup mudah hanya dengan download aplikasi tersebut, lalu jalankan. Namun, pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan yang cara manual saja. Bagaimana caranya? ayo langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

Baca: Cara Update Windows 10.

Instalasi Driver Manual dari Device Manager

  1. Langkah pertama, silahkan buka Device Manager pada laptop atau komputer dengan klik Start di bawah kiri layar desktop. Di layar pencarian, ketik tulisan Device Manager lalu tekan enter.
  2. Langkah kedua, tak berselang lama kalian akan diarahkan ke menu Device Manager. Untuk install atau mengupdate driver, silahkan klik kanan hardware yang ingin kamu update, lalu klik Update Driver Software. Driver yang belum terpasang ditandai dengan tanda warning kuning, sementara driver seperti VGA dan sound bisa dicek tersendiri karena otomatis terpasang versi default dengan banyak fungsi yang tak bekerja.
  3. Selanjutnya kamu diberikan dua pilihan antara install driver secara daring ataupun laring. Mana yang harus kalian pilih, jika ketika proses pemasangan driver kalian terhubung dengan jaringan internet, lebih baik penginstalan driver dilakukan secara daring (Online). Tetapi, jika laptop atau komputer tidak terhubung dengan jaringan atau internet, maka kalian bisa lakukan instalasi secara laring (Offline). Instalasi driver secara online sangat direkomendasikan karena karena lebih mudah dan kalian akan diarahkan ke versi yang paling baru.
  4. Pilih Search Automatically untuk instalasi secara online. Kemudian secara otomatis sistem driver akan mencari driver yang akan diupdate. Ikuti proses selanjutnya dan tunggu hingga software benar-benar berhasil terpasang.
Bagaimana? tidak sulit bukan? mulai saat ini kalian tidak perlu bingung lagi bagaimana cara install sebuah driver pada komputer atau laptop, tutorial pada artikel di atas bisa kalian terapkan di versi Windows 7, Windows 8, atau Windows 10.