-->

Cara Update Windows 10 ke Versi Terbaru di PC/Laptop Paling Simple untuk Pemula

Windows 10 adalah sistem operasi pada komputer yang diciptakan dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft sebagai bagian dari keluarga operasi Windows NT. Windows ini tergolong baru, pertama kali rilis pada tanggal 29 Juli 2015 dan telah banyak mengalami pembaharuan. Salah satu versi Windows yang rilis pada tahun ini adalah Windows update 10 April 2018.


Pada windows tersebut, ada banyak sekali perubahan positif terutama dalam hal produktivitas. Salah satu fitur yang menarik dan baru adalah timeline. Adapun fitur yang satu ini berguna bagi kita untuk meninjau apa saja yang sudah kita kerjakan sebelumnya hingga 30 hari ke belakang. Tak hanya itu, masih banyak segudang fitur lain yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu di artikel.

Baca: Tentang Safelinkblogger.com.

Bagi kalian yang ingin menginstall atau mengupgrade Windows 10 ke versi update April 2018, berikut ini beberapa persiapan yang perlu kalian lakukan:

  1. Pastikan koneksi internet stabil, jika laptop harus dalam keadaan full baterai. Hal ini dikarenakan ukuran Windows 10 cukup besar antara 2 GB–4 GB. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi juga cukup lama, jadi bakal menguras cukup banyak baterai pada laptop.
  2. Pastikan juga ada ruang kosong pada partisi sistem PC kalian. Sisakan setidaknya 15 GB sebelum melakukan instalasi.
  3. Selain itu juga jangan lupa untuk melakukan backup terlebih dahulu demi keamanan atau untuk berjaga-jaga. Kalian bisa menyalin data-data tersebut ke partisi lain atau ke media penyimpanan eksternal. 
Jika persiapan tersebut sudah dilakukan, proses instalasi Windows versi terbaru sudah bisa dilakukan. Di sini kamu membutuhkan aplikasi Windows 10 Update Assistant. Untuk selengkapnya silahkan ikuti tutorial berikut ini:
  1. Setelah kamu melakukan instalasi aplikasi tersebut pada perangkat secara otomatis  aplikasi akan mencari Windows versi 1803 atau versi terbaru jika ada. Setelah muncul Windows 10 April 2018 update, langsung saja klik Update Now untuk mengunduhnya.
  2. Selanjutnya memasuki proses pengecekan untuk kompatibilitas hardware. Proses ini biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Tunggu saja proses pengunduhannya hingga selesai. 
  3. Jika proses pengunduhan telah selesai, silakan restart terlebih dahulu dengan cara klik tombol Restart Now. Langkah ini sebagai bagian dari proses instalasi Windows 10 April 2018 update.
  4. Proses selanjutnya yakni wizard instalasi Windows 10 Fall Creators Update. Tunggu saja proses tersebut hingga benar-benar selesai. Selamat, proses instalasi Windows 10 terbaru telah berhasil dilakukan.
Cara ini bukan hanya untuk mengupdate ke versi April 2018, Windows 10 Update Assistant bisa dilakukan untuk memperbaharui sistem operasi ke versi yang lebih baru lagi jika ada. Ini merupakan aplikasi official Windows untuk melakukan instalasi update terbaru.