-->

Cara Mematikan/Menonaktifkan Windows 10 Auto Update

Sejatinya, pada program Windows 10 selalu melakukan update secara otomatis. Hal ini harus dilakukan demi menjaga perangkat dalam kondisi terbaik dan fitur yang selalu terjaga, bebas dari celah yang berpotensi dibobol dan mengalami bug. Dan yang pasti update ini membutuhkan banyak sekali kuota data. Bagi mereka yang memiliki keterbatasan akan hal itu, update otomatis menjadi sesuatu yang sangat merugikan.

Windows 10 Auto Update

Hal tersebut membuat banyak orang yang menginginkan fitur tersebut dimatikan secara total. Memang, pada dasarnya penghentian update tidak disarankan untuk dilakukan secara total. Tetapi setidaknya ada fitur yang bisa digunakan oleh pengguna meminimalisir frekuensi update tersebut. Bagaimana caranya, simak tutorial cara menonaktifkan Windows update berikut ini:


1. Menggunakan Defer Update (Penundaan Pengiriman Update Selama Beberapa Bulan)

Terlebih dahulu kamu harus masuk ke menu settings lalu pilih Update & Security. Pada menu Windows Update, arahkan kursor kamu ke bagian kanan dan klik advanced options. Lalu beri ceklis di opsi Defer Upgrade.

2. Menggunakan Metered Connection (Pembatasan Akses Internet oleh Aplikasi dan Sistem)

  • Kembali menuju ke menu settings. Berikutnya klik Network & Internet.
  • Langkah berikutnya, pada menu Wi-Fi, silakan klik menu Advanced Options. Kemudian ubah setingan Set as metered connection dari posisi off ke posisi on.

3. Mematikan Services Windows Update

Cara ini sejatinya tidak disarankan untuk dilakukan karena penuh dengan resiko. Kalian tidak akan dapat menggunakan Store dan tidak bisa mendownload Modern Apps. Jadi silakan tanggung resikonya sendiri ya.
  • Langsung saja menuju ke bagian services. Selanjutnya cari Windows Update, klik kanan, pilih properties.
  • Setelah itu Stop Windows Update Services tersebut dengan cara yakni mengubah opsi dari Startup type ke Disabled.
Apabila suatu saat kalian memiliki kuota internet yang cukup banyak, disarankan untuk kembali mengupdate Windows tersebut agar aman dan optimal serta mengurangi resiko terjadinya bug. Demikian informasi seputar cara cara menonaktifkan auto update pada Windows 10, semoga bermanfaat.