-->

Fungsi Kegunaan dan Cara Masuk Safe Mode di Windows

Safe mode merupakan opsi pilihan dari startup Windows yang berguna untuk memberikan solusi jika ada masalah yang terjadi pada sistem. Cara kerjanya yaitu Windows akan berjalan dalam kondisi yang minimal, dalam artian hanya file-file dan driver yang penting saja yang diaktifkan. Sementara itu, software-software lainnya tidak diaktifkan.

Windows 10 Safe Mode


Safe mode diaktifkan untuk melakukan troubleshooting apabila terjadi berbagai masalah seperti program yang tidak berjalan semestinya, banyaknya malware, hingga infeksi virus. Mengatasi dan memperbaiki problem tersebut bisa dengan memanfaatkan safe mode pada Windows. Pada Windows 10, safe mode bisa diaktifkan dengan berbagai cara salah satunya yaitu melalui System Configuration


Bagaimana cara masuk safe mode di Windows 10?

1. Masuk ke System Configuration

Pada Windows search, silakan cari menu System Configuration atau msconfig kemudian tekan enter. Nanti akan muncul jendela menunya pada layar komputer kamu.

2. Pilih Opsi Safe Mode

Langkah berikutnya, silahkan klik tab boot kemudian beri centang pada opsi safe boot yang terdapat di pojok kiri bawah. Ada 4 macam metode safe boot yang bisa dipilih yaitu minimal, artenate shell, active directory repair, dan network. Apabila kalian memilih minimal maka safe mode dijalankan dengan memuat driver dan service yang penting saja dan juga tampilan Windows yang sederhana. Jika memilih artenate shell maka safe mode dijalankan dengan CMD tanpa Windows GUI. Sementara itu, apabila kalian memilih active directory repair menjadikan safe mode memiliki akses ke komponen komputer. Dan yang terakhir yaitu network, dimana apabila kalian memilihnya maka  dapat dijalankan dengan adanya tambahan driver dan service yang digunakan untuk mengakses jaringan serta menggunakan tampilan Windows GUI versi standar.

3. Apply dan Restart

Setelah memilih salah satu dari keempat fitur tersebut, langsung saja pilih tombol Apply dan klik Ok. Berikutnya, bakal muncul pertanyaan apakah akan melakukan restart ataukah tidak. Untuk masuk ke safe mode maka kalian harus merestartnya, tunggu prosesnya selesai. Kini komputer kalian sudah ada pada safe mode.

Tentu sangat mudah bukan? bagi kalian yang kurang paham mengenai cara masuk ke safe mode pada Windows 10, jangan malu untuk bertanya di kolom komentar ya, sekian dan semoga bermanfaat.