Bahaya Mengunggah Video dan Aktivitas Ilegal di YouTube atau Sosial Media

Setiap hari, sejumlah besar orang mengunggah video untuk diakses secara online. Video online, dalam banyak hal, ditampilkan di situs web video online. Meskipun video online menyenangkan untuk dibuat dan dibagikan dengan orang lain, ada sejumlah hal yang harus kalian khawatirkan. Salah satunya adalah penggunaan aktivitas ilegal di video online yang kalian unggah.

Mengunggah dan Membagikan Video Online


Seperti yang disebutkan sebelumnya, video online paling sering dihosting di situs web video online. Situs web video online adalah situs web yang memungkinkan pengguna internet untuk melihat video atau membuat dan mengunggah video mereka sendiri. Dalam banyak kasus, biasanya gratis. Sejumlah situs web video online populer, seperti Google Video dan YouTube, memiliki aturan dan batasan kepada para penggunanya. Pembatasan tersebut sering melarang penggunaan materi video tertentu. Meskipun sejumlah besar situs video memiliki batasan, tapi itu tidak semuanya. Meskipun kalian dapat membuat video apa saja yang kalian inginkan dan mempostingnya, itu belum tentu mematuhi aturan.

Baca: Mengatasi Pohon Berbuah Kecil.

Menjadi populer dengan mendokumentasikan sisi buruk kalian atau orang biasa menyebutnya dengan panjat sosial. Ada banyak orang, terutama siswa sekolah menengah dan mahasiswa, yang mencoba membuat orang terkesan. Sayangnya, mereka melakukannya dengan dokumentasi aktivitas berbahaya atau ilegal. Meskipun kalian mungkin berpikir bahwa tidak berbahaya memposting video kecil tentang kalian dan teman-teman yang mungkin berkelahi, merusak sesuatu, atau menggunakan narkoba atau alkohol. Pasti ada sejumlah konsekuensi, banyak diantaranya yang mungkin tidak pernah kalian pikirkan.

Ketika mendokumentasikan penggunaan obat-obatan, minum dibawah umur, vandalisme, atau apa saja yang dianggap ilegal, penting untuk diingat bahwa kalian sedang melakukan kejahatan. Sebagian besar departemen kepolisian tidak akan menjelajahi internet untuk mencari foto atau video online, tetapi mereka mungkin menemukan video online kalian secara kebetulan atau menurut laporan dari orang. Meskipun susah untuk ditangkap, tapi tidak sedikit juga yang menuju ke jalur hukum. Jika kalian menikmati hal dalam kegiatan ilegal tersebut, ada kemungkinan susah untuk berhenti sebelum terkena batunya.

Baca: Mengapa Anak Bosan Ikut Ekstrakurikuler?

Selain pihak berwenang, jika kalian seorang pelajar bisa saja dapat diskors dari sekolah. Ada banyak laporan tentang guru sekolah yang menemukan konten online, termasuk video yang dihosting di situs web video online, yang mendokumentasikan aktivitas ilegal. Kegiatan ini sering termasuk minum dibawah umur, penggunaan narkoba, atau ancaman terhadap siswa lain. Selain diucapkan oleh departemen kepolisian setempat, ada juga kemungkinan suspensi sekolah atau penangguhan untuk kegiatan terkait sekolah apa saja, seperti olahraga, kegiatan upacara di luar, dan lain sebagainya.

Kemungkinan untuk diskors dari sekolah dan diadili kepolisian setempat adalah hal-hal yang dapat segera terjadi. Terlepas dari apa yang kalian pikirkan, video online dapat kembali menghantui kalian dalam beberapa tahun. Ada kemungkinan bahwa sejumlah besar orang telah melihatnya. Meskipun mereka tidak seharusnya, dan bisa saja video tersebut telah tersebar dan dibagikan oleh ribuan orang di sosial media. Jika kegiatan ilegal didokumentasikan dalam video online, ada kemungkinan besar dapat dihentikan dari pekerjaan nantinya, dalam jangka panjang, terutama jika video dilihat oleh tempat kerja. Juga, ada sejumlah besar perusahaan yang menggunakan internet untuk meneliti pelamar baru mereka. Video online, terutama jika didokumentasikan penggunaan atau partisipasi dalam kegiatan ilegal, dapat mencegah untuk mendapatkan pekerjaan baru yang selalu diimpikan.

Sama menyenangkannya seperti yang kalian kira, disarankan untuk tidak melakukannya. Mungkin, yang terbaik adalah tetap berhati-hati. Kalian tidak pernah tahu siapa yang akan menonton video tersebut dan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel