Teknik Pengambilan Gambar dan Fotografi Bawah Laut/Air

Fotografi bawah air membawa dunia bawah ke permukaan. Fotografer bawah laut telah mengambilnya sendiri untuk membawa dunia bawah laut kepada mereka yang tidak ingin menyelam atau tidak pernah memiliki kesempatan. Sementara semua fotografi adalah seni, dunia bawah laut membutuhkan keterampilan khusus untuk membawa kualitas foto tertinggi.

Spot Fotografi Bawah Laut


Apa Tips untuk Fotografi Bawah Laut?

Tidak seperti fotografi satwa liar, dunia bawah laut harus dilihat dari dekat. Artinya kehidupan laut harus difoto dengan ketat. Ini karena air. Air membiaskan gambar, sering mendistorsi mereka sehingga semakin dekat kalian dengan subjek juga semakin sedikit air yang kalian miliki diantara subjek. Fotografi bawah air membutuhkan banyak kesabaran. Kalian bisa berenang dengan cepat seperti ikan hiu, ikan paus atau lumba-lumba, atau mereka mungkin bersembunyi di karang yang muncul hanya ketika bahaya tidak dirasakan. Air memegang partikel, kebanyakan organisme hidup yang disebut plankton karena partikel-partikel ini sering mengapung ketika kalian mencoba mengambil gambar, kalian dapat kehilangan kontras dan ketajaman gambar.

Baca: Mengajari Anak Menghemat.

Kehidupan laut menggunakan premis sembunyi lebih dari kecepatan atau kelangsungan hidup yang terkuat. Ini berarti kalian akan sering menemukan subjek disamarkan daripada di tempat terbuka. Kalian harus mencari subjek dengan tekad, tanpa mengejutkan subjek. Dunia bawah laut menuntut rasa hormat. Kalian tidak ingin menyentuh organisme hidup dan karena itu kalian harus belajar untuk bergerak dengan arus saat mencoba mencapai bidikan sempurna. Banyak kehidupan laut akan mati jika kalian menyentuhnya, terutama karang sehingga memiliki hobi fotografi bawah laut mengharuskan untuk mengikuti aturan, kode etik.

Flash bawah laut atau lebih sering disebut strobo dapat membantu kalian mendapatkan cahaya yang kalian butuhkan untuk mengambil foto yang sempurna. Sangat penting untuk memiliki flash dengan kamera bawah air. Ini akan membantu kalian membawa warna lain daripada merah dan oranye ke dalam gambar. Strobo hanya perlu berukuran sedang, lebih besar dan dapat menghambat pengalaman mengambil foto Anda.

Komposisinya juga sangat penting. Kalian akan mengikuti aturan yang sama yang kalian lakukan dalam fotografi biasa; namun, kalian masih harus memiliki sudut ke atas pada subjek. Ini kembali ke teknik kamuflase kebanyakan spesies laut. Mereka cenderung melebur ke tempat persembunyian mereka atau dalam beberapa kasus; tubuh mereka dirancang untuk bersembunyi di dalam air ketika berenang seperti hiu. Ketika kalian mencoba untuk mendapatkan bidikan yang jelas ketika subjek memadukan ke latar belakang dapat menjadi sulit dan menciptakan tantangan.

Baca: Prosedur Pemulihan Data Hard Disk.

Ketika berhadapan dengan fotografi bawah air sebagai hobi, kalian perlu mengasah keterampilan fotografi kalian di daratan terlebih dahulu. Setelah kalian mengambil gambar hebat di daratan, kalian dapat pindah ke versi dunia bawah laut yang lebih keras, dimana beberapa aturan yang kalian gunakan tidak lagi berlaku dan mencapai gambar terbaik membutuhkan kesabaran serta keterampilan. Fotografi bawah laut membawa kehidupan laut ke permukaan, mengurangi beberapa hal yang tidak diketahui. Jika kalian menemukan dan kalian baru saja mulai tertarik dengan fotografi bawah air, kalian akan ingin mencari kelas fotografi bawah laut profesional untuk mengajari kalian beberapa teknik penting serta latihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel