Prosedur Pemulihan Data Hard Disk yang Tepat untuk Pemula

Tidak peduli siapa kalian, di mana kalian bekerja, atau jenis komputer apa yang kalian gunakan, data komputer kalian selalu berisiko. Dengan virus, gelombang listrik, badai petir, bencana alam, kesalahan manusia, dan peretas, ancaman selalu nyata. Untuk berada di sisi yang aman, kalian harus mencadangkan file dan terus melakukannya secara rutin. Jika hard drive kalian crash, kalian perlu pemulihan data, yang merupakan satu-satunya opsi yang tersedia.

Pemulihan Hard Disk


Sebelum kalian menyusuri jalan panjang pemulihan data, ada beberapa hal yang perlu diingat. Jika kalian menggunakan komputer dan program mulai bertindak lucu, kalian harus segera menutup semuanya. Kalian mungkin juga mendengar beberapa suara yang sangat aneh, yang merupakan tanda pertama bahwa hard drive bekerja lembur. Jika kalian mematikan komputer segera pada titik ini, kalian dapat mencegah kehilangan data terjadi. Jika kalian tidak mematikan komputer dan membiarkan hard drive yang gagal untuk terus berjalan, hanya masalah waktu sebelum ia menghancurkan dirinya sendiri, yang pada akhirnya akan mengakibatkan hilangnya data.

Baca: Backup Data Online.

Jika ini terjadi, dan kalian kehilangan semua data, kalian seharusnya tidak pernah mencoba untuk memperbaiki hard drive sendiri kecuali tahu persis apa yang harus dilakukan. Pada tahap ini, layanan pemulihan data profesional bukan hanya barang mewah, mereka adalah sesuatu yang harus kalian miliki. Proses untuk pemulihan data memakan waktu, dan membutuhkan kedua alat dan lingkungan kerja yang bersih. Mencoba memperbaiki hard drive sendiri sangat menantang, dan dapat berakhir dengan membuat masalah jauh lebih buruk jika kalian tidak tahu apa yang kalian lakukan.

Baca: Menjaga Hard Disk Dingin.

Meskipun ada perangkat lunak di luar sana untuk pemulihan data, kalian tidak boleh menggunakannya kecuali tahu apa yang dilakukan. Dengan sebagian besar masalah hard drive menjadi sangat rumit, perangkat lunak dapat lebih berbahaya. Meskipun perusahaan dapat mengklaim bahwa perangkat lunak mereka akan memperbaiki masalah dan, mengambil data kembali, kalian harus selalu berhati-hati dan hanya menghindari penggunaan perangkat lunak sendiri.

Untuk berada di sisi yang aman dengan hard drive dan mengambil data yang hilang, kalian harus selalu beralih ke layanan pemulihan data lokal. Dengan cara ini, kalian akan tahu bahwa hard drive ada di tangan yang baik dan akan diperbaiki dengan cara yang benar. Layanan profesional dapat memperbaiki hampir semua masalah hard drive, dan memulihkan semua jenis data. Dalam beberapa kasus, hard drive kalian mungkin tidak dapat diperbaiki, bahkan untuk spesialis pemulihan data profesional. Jika ini terjadi, kalian harus siap untuk membeli hard drive baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel