-->

Cara Hapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) Android (No Root)

Setiap ponsel cerdas tentu selalu dibekali dengan aplikasi di dalamnya. Aplikasi ini mempunyai fungsi dan kegunaan yang tidak sama antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Di dalam Android umumnya ada 2 jenis aplikasi yang terdapat di sana, yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi yang kita download dari Google Play Store maupun internet.

Ilustrasi Bloatware


Tak seperti aplikasi hasil mengunduh, aplikasi bawaan lebih sulit untuk dihapus dan tidak bisa sembarangan kalian hilangkan begitu saja. Pasalnya aplikasi-aplikasi tersebut memiliki peran yang cukup penting dalam menjalankan setiap perintah pada ponsel pintar. Selain itu banyak risiko yang akan harus diterima apabila kalian masih memaksakan diri untuk menghapusnya.

Baca: Cara Tarik Uang PayPal ke Bank Beda Nama.

Namun tak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan tersebut. Bahkan tidak membutuhkan root sama sekali, apa iya? tentunya iya, ayo langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

Namun sebelum menjalankan panduan ini ada baiknya kamu backup terlebih dahulu aplikasi yang akan dihapus. Mengingat tindakan ini bisa dikatakan cukup berisiko sehingga kalian harus mengamankannya terlebih dahulu.

  1. Pertama, silahkan download aplikasi CCleaner terlebih dahulu pada Play Store. Aplikasi ini gratis dan kalian tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.
  2. Selanjutnya buka aplikasi tersebut, kemudian klik tiga garis yang ada di pojok kiri atas, pilih App Manager.
  3. Langkah ketiga, Pilih tab System dan tekan tombol ikon tong sampah (Cleaner).  Selama proses penghapusan aplikasi bawaan tersebut dari sistem, akan muncul sebuah peringatan. Kalian dapat mengabaikannya dan langsung saja tekan tombol continue.
  4. Langkah selanjutnya, silahkan pilih aplikasi mana saja yang ingin dihapus dari ponsel cerdas yang kalian miliki. Pilih saja aplikasi yang tidak terlalu kalian butuhkan atau jarang digunakan.
  5. Berikutnya, tap uninstall lalu peringatan apakah kalian yakin akan menghapus aplikasi tersebut akan muncul. Apabila sudah yakin maka tap unistall kembali. Selesai.
Bagaimana? sangat mudah bukan? tak hanya CCleaner saja, kalian bisa menggunakan aplikasi lainnya yang sejenis untuk bisa menghapus aplikasi bawaan. Sekian tutorial ini saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca.