Apakah Kehilangan Data Hard Disk Drive di Komputer Bisa Dipulihkan?

Hari-hari ini, komputer telah menjadi keharusan bagi hampir semua orang. Meskipun komputer dirasa sangat hebat dan memudahkan hidup kita, mereka juga dikenal mudah crash juga. Dengan komputer yang elektronik, tidak ada cara untuk membuat mereka bodoh. HDD yang menyimpan semua informasi memiliki bagian-bagian mekanis, yang berarti bahwa mereka dapat crash pada waktu tertentu, mengakibatkan hilangnya informasi, dan mungkin bahkan hard drive yang rusak.


Apa Bisa Data Hilang Dipulihkan/Recovery?


Hard Disk

Secara umum, pemulihan hard drive adalah proses yang kalian gunakan untuk memulihkan hard drive yang macet, korban virus, atau mungkin dirusak. Perlu diingat bahwa pemulihan tidak hanya terbatas untuk memulihkan semua yang ada di hard drive, tetapi juga berguna untuk menemukan file yang hilang, memperbaiki hard drive yang rusak, dan bahkan menemukan data yang mungkin telah kalian hapus secara tidak sengaja.

Kegagalan Hard Disk


Selama bertahun-tahun, pemulihan hard drive telah membantu pada hard drive yang buruk atau kehilangan informasi untuk mengambil data. Apa yang tidak disadari banyak orang, dalam hal data yang telah dihapus secara tidak sengaja, adalah kenyataan bahwa beberapa data akan tetap ada di komputer kalian, bahkan setelah kalian menghapusnya dari Recycle Bin. Windows tidak selalu menghapus file sepenuhnya, tetapi kurang lebih menempatkan mereka ke tempat lain sampai memiliki data yang diperlukan untuk menimpa file.

Jika data memang hilang selamanya, maka tidak mungkin untuk pulih. Sebagian besar file, bahkan setelah hard drive kalian rusak dan data tampaknya hilang, sebenarnya masih ada di hard drive. Yang dibutuhkan adalah seseorang yang berpengalaman dengan pemulihan data untuk mengambil informasi tersebut. Meskipun pemulihan data adalah cara luar biasa untuk mengambil data yang hilang, ada juga kerugian untuk menggunakannya juga.

Kelebihan pemulihan data adalah kenyataan bahwa sebagian besar informasi dapat diambil. Jika kalian memiliki data di hard drive yang tidak ingin dilihat siapa pun, menghapusnya dari hard drive tidak selalu benar-benar menghilangkannya. Peretas dapat dengan mudah mengambil datanya juga, jika mereka cukup berpengalaman. Karena alasan ini, pakar komputer dan penggemar komputer rajin akan memberi tahu kalian bahwa menghapus file tidak selalu menghapusnya dari hard drive.

Baca: Manfaat Pembelajaran Online.

Cara kerja pemulihan hard drive adalah dengan merekonstruksi data yang hilang pada hard drive. Tidak masalah jika file dihapus secara tidak sengaja atau hasil crash, sebagian besar data dapat direkonstruksi dan dihidupkan kembali sehingga kalian dapat mengaksesnya. Meskipun kebanyakan crash disebabkan oleh PC yang gagal atau virus, ada beberapa kejadian yang disebabkan oleh kegagalan perangkat keras, seperti lengan aktuator rusak atau platter tidak berfungsi dengan benar. Kalian tidak akan dapat menggunakan hard drive jika ini terjadi, meskipun pemulihan hard drive dapat memperbaiki masalah sekalipun.

Tidak peduli masalah yang kalian alami dengan hard drive, pemulihan biasanya dapat memperbaiki masalah. Apakah itu kerusakan perangkat keras, crash, virus komputer, atau penghapusan tidak disengaja, kalian biasanya dapat hampir selalu mengambil file. Perlu diingat bahwa biasanya harus membawa hard drive ke spesialis, dengan cara memberikannya ke teknisi atau dengan mengirimkannya kepada mereka. Teknisi komputer yang berpengalaman dengan pemulihan data dapat mengembalikan file dan membuat hard drive tampak baru lagi. Dengan cara ini, hilangnya data tidak akan memperlambat kinerja.

Lalu, bagaimana cara teknisi tersebut mengembalikan data, mungkin akan kita pelajari pada waktu lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel